Kamus Dunia Spiritual

 
KAMUS DUNIA SPIRITUAL

ABDAL
adalah orang yang dekat kepada Tuhan yang ditetapkan olehNya sebagai wali pengganti jika ada wali yang meninggal dunia.

ABID
adalah seorang yang ahli/menyenangi ibadah, baik ibadah ritual maupun sosial.

ADI KODRATI

suatu kejadian diluar akal sehat manusia. Kejadian tersebut bisa berupa mukjizat, karomah dan sejenisnya. Segala sesuatu yang berkaitan dengan kekuatan paranormal dapat disebut juga adi kodrati.

AEROMANCY
Ramalan dengan menggunakan udara dan langit sebagai mediumnya yakni dengan cara mengamati bentuk awan, komet dan fenomena langit lainnya.

AJENGAN
gelar untuk orang yang dituakan dan dihormati oleh masyarakat. Istilah ini berasal dari daerah jawa barat.

AJI BANDUNG BONDOWOSO
Adalah ilmu kesaktian yang mampu membuat seseorang memiliki kekuatan badan yang menakjubkan, mampu mengangkat benda yang sangat berat, kebal senjata dan tidak akan kalah di keroyok banyak orang sekalipun.

AJI PANGLIMUNAN
adalah ilmu menghilang atau ilmu gaib yang mampu menghilangkan fisik orang yang menggunakannya. Ilmu ini biasanya bertujuan agar musuh tidak melihat dirinya.

AJI SAIFI ANGIN
adalah ilmu gaib yang apabila dikuasai seseorang akan mampu mencapai suatu tempat/tujuan di bumi dalam sekejap dengan kecepatan melebih pesawat jet.

AJIAN
Nama awal dari sebuah ilmu yang bersifar mistis, misalnya ajian braja musti, ajian lembu sekilan dll.

AKEDOT
kisah lucu

AKIK
jenis bebatuan yang memiliki nilai seni dan diyakini juga memiliki kekuatan gaib. Tiap batu diyakini memiliki fungsi tersendiri dalam hal manfaat. Misalnya batu akik sulaiman untuk pengasihan, batu badar besi untuk kekuatan dll.

ALECTRYOMANCY
Metode ramalan dengan menggunakan seekor burung dimana burung tersebut dibiarkan mematuk biji-biji jagung dari sekumpulan huruf-huruf. Metode lainnya dengan mengamati huruf-huruf yang dipatuk oleh seekor ayam di dalam suatu ritual.

ALEUROMANCY
Metode ramalan yang menggunakan “Kue Keberuntungan” sebagai mediumnya

ALLO SUGESTI
Daya saran yang mempengaruhi energi batin/alam bawah sadar seseorang yang berasal dari faktor diluar diri. Misal, seseorang meyakini bulan purnama sebagai malam keramat maka ia akan merasakan ada yang istimewa pada malam itu.

ALMANAK
catatan tentang penanggalan (kalender).

ALOMANCY
Bentuk ramalan yang menggunakan garam dapur sebagai mediumnya

ALPHITOMANCY
Suatu bentuk ramalan yang dipergunakan untuk menemukan pelaku kejahatan. Yakni dengan membuat makanan dari gandum atau biji barley sebagai mediumnya. Si pelaku kejahatan akan menderita sakit perut setelah memakan makanan tersebut.

AMANAH
Kepercayaan yang diberikan orang lain, berupa barang atau jabatan.

AMARAH
nafsu yang mengajak pada kejahatan : pelit, iri, malas, sombong, emosional dan sejenisnya.

AMNIOMANCY
Suatu bentuk ramalan yang menafsirkan bercak-bercak yang ada di wajah bayi saat lahir.

ANASIR
bagian dari bahan terciptanya sebuah wujud. Misalnya dalam tubuh manusia terdapat anasir (unsur) bumi, api, udara dan air. Masing-masing mewakili karakter nafsu. Adanya empat anasir itu menyebabkan manusia bersemangat (dinamis) dalam melakukan aktifitas kehidupannya.

ANATOMI
pengetahuan tentang bagian tubuh manusia.

ANGKER
Keadaan/situasi yang menakutkan karena diyakini adanya mahluk halus yang mendiami suatu tempat.

ANGSAR
adalah daya kesaktian yang dipercaya oleh sebagian orang terdapat pada sebilah keris. Daya kesaktian atau daya gaib itu tidak terlihat, tetapi dapat dirasakan oleh orang yang percaya. Angsar dapat berpengaruh baik atau posistif, bisa pula sebaliknya. Pada dasarnya, semua keris ber-angsar baik. Tetapi kadang-kadang, angsar yang baik itu belum tentu cocok bagi setiap orang. Misalnya, keris yang angsar-nya baik untuk seorang prajurit, hampir pasti tidak cocok bila dimiliki oleh seorang pedagang. Keris yang angsar-nya baik untuk seorang pemimpin yang punya banyak anak buah, tidak sesuai bagi pegawai berpangkat rendah. Guna mengetahui angsar keris, diperlukan ilmu tanjeg. Sedangkan untuk mengetahui cocok dan tidaknya seseorang dengan angsar sebuah keris, diperlukan ilmu tayuh.

ANIMISME
Paham yang meyakini setiap benda memiliki kekuatan gaib.

ANTHROPOMANCY
Ramalan kuno yang dilarang oleh hukum karena menggunakan korban manusia dalam ritualnya.

ANTI
menolak atau melawan daya atau kekuatan yang datang dari luar.

APANTOMANCY
Metode ramalan yang menafsirkan pertemuan secara tidak sengaja dengan binatang seperti: kucing hitam, ular, dan makluk lain sebagai tanda atau firasat tertentu.

APES
Sial atau celaka yang menimpa diri seseorang. Orang yang sering mengalami apes biasanya perlu diruwat agar terbebas dari kesialan.
   
AQIQAH / AKEKAH
Menyembelih kambing yang dibagi-bagikan kepada tetangga oleh karena kelahiran seorang anak laki (2 kambing) atau perempuan (1 kambing).

ARITHMANCY
Merupakan ramalan bentuk awal dari Numerology dimana proses peramalan dilakukan dengan menjumlah dan menghitung nilai huruf-huruf yang ada.

ARKEOLOG
orang yang membidangi ilmu tentang benda-benda purbakala.

ASMA SURYANI
Merupakan sebuah ilmu kuno dan dirahasiakan. Setiap kata dari Wirid-nya menghubungkan si pengamal dengan energi dua Malaikat yang merupakan Malaikat kepala dari ribuan malaikat. Karakter energynya yang sangat kuat, solid dan tajam merupakan salah satu kelebihan dari Asma Suryani. Jika energi Asma Suryani telah melebur pada diri pengamal, daya energi akan meliputi tubuh fisik dan eterik pengamal, membuat pengamal selamat dari senjata, tajam dan tumpul, selamat dari racun, santet dan air keras. Pada saat prosesi Inisiasi, Rajah akan diguratkan dengan tinta khusus pada tubuh pengamal, dan transmisi penurunan kalimat wirid dilakukan secara lisan (tidak boleh ditulis). Inisiasi jarak jauh dapat dilakukan dengan teknik khusus.

ASMA’
Artinya adalah Nama. Biasanya digunakan untuk pemberian nama suatu ilmu gaib misalnya asma kurung, asma gotri dll.

ASMAUL HUSNA
Nama-nama Allah yang indah, berjumlah 99. Nama-nama ini diyakini memiliki manfaat tersendiri apabila di zikirkan secara khusus. Misalnya “Ya Rohman, Ya Rohim” bisa digunakan untuk pengasihan, atau “Ya Qowiyyu” untuk kekuatan dll.

ASTRAGLOMANCY
Suatu bentuk ramalan yang menggunakan sebuah dadu sebagai mediumnya dimana permukaan dadu tersebut tertera angka atau huruf.

ASTROLOGY
Suatu bentuk ramalan yang menggunakan benda-benda langit seperti: matahari, bulan, planet dan bintang sebagai mediumnya.

AUGURY
Merupakan istilah umum seni meramal yang khususnya dipergunakan untuk mengartikan tanda, simbol-simbol dan firasat.

AULIA
adalah orang-orang yang ditinggikan dan disucikan oleh Allah. Istilah lainnya adalah Wali.
   
AURA
adalah medan energi yang mengeliling tubuh berlapis-lapis dengan berberapa macam warna dan cahaya. Aura mencerminkan kepribadian, karakter, dan sifat seseorang. Secara sederhana saja hal ini dibuktikan, misalnya, saat bertemu dengan seseorang yang belum dikenal sekali pun, sudah dapat dirasakan rasa senang atau tidak senang. Ini menggambarkan adanya interaksi aura atau medan energi antara orang dengan orang lain. Aura bisa di foto melalui kamera foto khusus yang ditemukan oleh Prof. Kirlian asal rusia.

AUSTROMANCY
Suatu bentuk ramalan dengan cara mengamati dan menafsirkan angin sebagai mediumnya.

AXIOMANCY
Ramalan menggunakan kapak sebagai mediumnya dengan cara mengamati gerakan ketika kapak diayunkan; arah dan jarak pegangan kapak tersebut kemudian diartikan.

AYAM CEMANI
Ayam Cemani berarti ayam hitam mulus. Ayam ini banyak diburu oleh penggiat dunia gaib untuk berbagai jenis ritual misalnya pesugihan, pengobatan dll. Khasiatnya lainnya jika lemaknya dibawa akan membangkitkan syahwat dan bisa juga untuk membuka indera ke 6 atau alam gaib dimana salah satu bahannya dijadikan celakan.

AZIMAT
benda yang diyakini memiliki kekuatan magis/gaib. Dapat berupa benda (batu, kayu) atau dapat juga berbentuk tulisan (rajah, wifiq).

BABAD
riwayat atau cerita tempo dulu yang berkaitan dengan dibukanya hutan belantara menjadi desa atau kerajaan. Misalnya babad tanah jawa.

BALAK

musibah atau azab dari Tuhan.

BAMBU GILA
Kesenian magis dari maluku. Dengan bambu sebesar 2-3 meter, beberapa orang yang memeganginya merasakan adanya daya yang menyebabkan kehilangan keseimbangan.

BANGSAWAN
keturunan raja-raja atau orang yang dimuliakan. Mereka juga sering disebut keturunan darah biru.

BANI
keturunan (anak cucu).

BAPTIS
mempermandikan, ritual dalam agama kristen. Seseorang yang sudah dibaptis akan diberi nama baptis misalnya yohanes, lukas, maria dll.

BARZAH
alam antara mati dan kebangkitan (setelah kematian).

BASHIRAH
pandangan batin. Kemampuan memandang alam gaib. Pada mulanya, pandangan manusia terdindingi hingga dinding itu dibersihkan dengan zikir sehingga terbukalah kemampuan memandang alam gaib.

BAWANG PUTIH
Jenis rempah-rempah atau bumbu yang biasanya digunakan untuk memasak makanan. Dalam dunia mistik, bau bawang putih ditakuti oleh mahluk halus dan juga dapat digunakan untuk pengobatan eksim, panu, jerwawat dan menurunkan tekanan darah.

BEKAM / HIJAMAH
adalah teknik pengobatan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit.Perkataan Al Hijamah berasal dari istilah bahasa arab : Hijama yang berarti pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan cupping, dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah Bekam. Di Indonesia dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk.

BELOMANCY
Metode ramalan kuno dengan cara melepaskan anak panah. Metode ramalan ini dikenal dengan banyak bentuk. Masyarakat Babylonia dan Syria melekatkan label berisi angka-angka pada anak panah tersebut yang kemudian ditembakkan sejauh mungkin. Cara lainnya yakni dengan menembakkan anak panah ke udara dan kemudian arah serta bentuk pendaratan dari anak panah tersebut ditafsirkan. Metode lainnya dipergunakan oleh masyarakat Yunani dan kemudian oleh masyarakat Arab adalah dengan menembakkan anak panah ke sebuah batu lalu tanda-tanda yang dihasilkan dari tembakan anak panah tersebut ditafsirkan. Sedangkan metode yang dipakai oleh masyarakat Tibet adalah dengan menempatkan dua anak panah dengan ujung lancip mengarah ke bawah di dalam sebuah wadah kemudian mereka akan mengartikan pergerakkan yang terjadi didalamnya. Metode lain adalah dengan melekatkan tulisan-tulisan berisi ramalan pada anak panah lalu dipilih secara acak.

BIBLIOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan buku, Kitab Injl atau kitab suci lainnya sebagai mediumnya. Caranya dengan memilih secara acak halaman kitab suci lalu mengartikan makna yang ada.

BIKSU
Rohaniawan agama budha.

BOTAMANCY
Metode ramalan yang dilakukan dengan cara membakar cabang-cabang pohon dan dedaunan.

BRAHMANA rohaniawan agama hindu.

BUDI SUCI
Aliran tenaga dalam asal indramayu, jawa barat yang didirikan oleh Alm.H.Abdul Rosyid dan kini dikembangkan oleh para muridnya diseluruh pelosok tanah air.

BUHUL
simpul pada tali. Pada jaman jahiliah para tukang sihir memanfaatkan buhul-buhul sebagai alat praktek sihirnya.

BURDAH
Seni religius berisikan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW.

CAKRA
Pusat getaran tenaga dalam manusia. Setidaknya ada 15 titik cakra pada bagian depan anggota badan dan 8 titik cakra pada bagian belakang.

CAPNOMANCY
Metode ramalan kuno yang dilakukan melalui menafsirkan asap yang muncul saat pembakaran.

CARTOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan kartu sebagai mediumnya seperti kartu Remi, Ceki, Tarot dan kartu Rune. Atau lebih dikenal dengan istilah Ramalan keberuntungan “Fortune Telling”

CATOPTROMANCY
Suatu bentuk awal ramalan dengan memandang Kristal. Metode ramalan ini menggunakan sebuah cermin yang diarahkan ke bulan untuk memperoleh pantulan cahaya bulan.

CAUSIMOMANCY
Metode ramalan yang menafsirkan gerak-gerik benda yang dibakar dalam perapian.

CEPHALOMANCY
Istilah ini mengacu pada sebuah bentuk ramalan yang menggunakan tengkorak keledai atau kambing sebagai mediumnya.

CERAUNOMANCY
Metode ramalan yang mengamati kekuatan, arah dan gerak-gerik angin sebagai mediumnya.

CERAUNOSCOPY
Merupakan sebuah bentuk ramalan yang dilakukan dengan cara mengadakan suatu ritual untuk memperoleh pertanda dari petir dan halilintar.

CEROSCOPY

Metode ramalan yang menggunakan cairan lilin yang dituangkan ke atas air dingin. Bentuk-bentuk yang dihasilkan akan diramalkan.

CHIROGNOMY
Sebuah bentuk ramalan yang menafsirkan bentuk-bentuk tangan.

CLAIRAUDIENCE
Merupakan suatu proses “Pendengaran Jernih” dari informasi peramalan. Para ahli Parapsychology menganggapnya sebagai sebuah bentuk dari ESP (Extra Sensory Perception).

CLAIRSENTIENCE
Merupakan suatu proses “Rasa Jernih” dari informasi peramalan. Para ahli Parapsychology menganggapnya sebagai sebuah bentuk dari of ESP (Extra Sensory Perception).

CLAIRVOYANCE
Merupakan suatu proses “Penglihatan Jernih” dari informasi peramalan. Para ahli Parapsychology menganggapnya sebagai sebuah bentuk dari of ESP (Extra Sensory Perception).

CLEIDOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan sebuah kunci yang digantung dengan benang, kunci itu dipegang dengan ibu jari dan telunjuk. Kunci itu diturunkan di dalam gelas, ketika kunci menyentuh sisi gelas; menyentuh 1 kali berarti jawaban “ya” dan jika 2 kali berarti “tidak”.

CLEROMANCY
Metode ramalan yang menggunakan medium benda berbentuk bongkahan atau benda yang mirip dadu seperti kelerereng atau cangkang mutiara.

COSCINOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan sebuah saringan gantung sebagai mediumnya, biasanya digunakan untuk mengindentifikasikan pelaku kejahatan.

CRITOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan kue yang terbuat dari biji barley sebagai mediumnya.

CROMNIOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan bawang putih sebagai mediumnya.

CRYSTALLOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan cara memandangi Kristal seperti batu kuarsa, logam mulia (misalnya kristal beryl) atau bola Kristal tradisional.

CUPU ENERGI KURSANI

Cupu atau wadah energi adalah kekuatan tersembunyi di dalam tubuh manusia dengan bentuk seperti bulatan telur. Apabila cupu ini dibuka, maka manusia tersebut akan memiliki kekuatan supranatural yang berfaedah untuk pagar gaib, kesehatan, radar gaib/terawangan dll.

CURIGA MANJING WARANGKAN
badan halus dalam badan kasar

CYCLOMANCY
Metode ramalan yang dilakukan dengan cara mengamati dan menafsirkan perputaran roda.

DAENG
Gelar bangsawan suku bugis.

DAJAL
Setan yang menampakan diri dalam bentuk raksasa yang muncul menjelang datangnya kiamat. Dajal dapat berbentuk mahluk atau sebuah rejim yang zalim atau bisa juga diartikan kekuatan gaib yang mengandung energi negatif yang mempengaruhi manusia jauh dari ajaran agama.

DALIL 

Penjelasan yang dijadikan bukti pembenaran suatu pendapat berdasarkan Al Quran dan Hadist Nabi SAW.

DANYANG

Mahluk gaib yang pertama kali membuka atau menghuni suatu area tertentu.

DAPHNOMANCY
Merupakan suatu bentuk ramalan yang mengharuskan orang untuk mendengarkan bunyi kayu laurel yang tengah dibakar di api unggun selama prosesi ritual.

DAPUR
Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut nama bentuk atau type bilah keris. Dengan menyebut nama dapur keris, orang yang telah paham akan langsung tahu, bentuk keris yang seperti apa yang dimaksud. Misalnya, seseorang mengatakan: “Keris itu ber-dapur Tilam Upih”, maka yang mendengar langsung tahu, bahwa keris yang dimaksud adalah keris lurus, bukan keris yang memakai luk. Lain lagi kalau disebut dapur-nya Sabuk Inten, maka itu pasti keris yang ber-luk sebelas. Dunia perkerisan di masyarakat suku bangsa Jawa mengenal lebih dari 145 macam dapur keris. Namun dari jumlah itu, yang dianggap sebagai dapur keris yang baku atau mengikuti pakem hanya sekitar 120 macam saja. Serat Centini, salah satu sumber tertulis, yang dapat dianggap sebagai pedoman dapur keris yang pakem memuat rincian jumlah dapur keris sbb: Keris lurus ada 40 macam dapur. Keris luk tiga ada 11 macam. Keris luk lima ada 12 macam. Keris luk tujuh ada 8 macam. Keris luk sembilan ada 13 macam. Keris luk sebelas ada 10 macam. Keris luk tigabelas ada 11 macam. Keris luk limabelas ada 3 macam. Keris luk tujuhbelas ada 2 macam. Keris luk sembilan belas, sampai luk duapuluh sembilan masing-masing ada semacam. Namun, menurut manuskrip Sejarah Empu, karya Pangeran Wijil, jumlah dapur yang dianggap pakem lebih banyak lagi. Catatan itu menunjukkan dapur keris lurus ada 44 macam, yang luk tiga ada 13 macam, luk sebelas ada 10 macam, luk tigabelas ada11 macam, luk limabelas ada 6 macam, luk tujuhbelas ada 2 macam, luk sembilanbelas sampai luk duapuluh sembilan ada dua macam, dan luk tigapuluh lima ada semacam. Jumlah dapur yang dikenal sampai dengan dekade tahun 1990-an, lebih banyak lagi.

DEBUS
Bermakna besi runcing untuk melukai diri. Dalam debus, ada dua alat pokok yaitu besi runcing dan gada (pemukul). Jenis atraksi debus yang asli disebut almadat, yaitu menancapkan besi runcing pada perut dan seseorang memukul besi itu dengan gada. Debus merupakan ajaran tarekat Rifa’iyah yang menguji kefanaan murid saat berzikir, digunakan cara-cara “menyakiti” diri. Pemusatan pikirian menuju Tuhan yang optimal, menyebabkan aktifitas penyiksaan itu tidak menimbulkan luka dan rasa sakit. Debus banyak berkembang di Aceh dan Banten.

DEMIT
Istilah lain dari hantu, mahluk halus dan sejenisnya.

DEMONOMANCY
Merupakan suatu bentuk ramalan yang memerlukan bantuan setan.

DEWA
(bahasa Inggris: Deity) adalah makhluk supernatural yang menguasai unsur-unsur alam atau aspek-aspek tertentu dalam kehidupan manusia., disembah, dianggap suci dan keramat, dan dihormati oleh manusia. Dewa dianggap berwujud bermacam-macam, biasanya berwujud manusia atau binatang. Mereka hidup abadi. Mereka memiliki kepribadian masing-masing. Mereka memiliki emosi, kecerdasan, seperti layaknya manusia. Beberapa fenomena alam seperti petir, hujan, banjir, badai, dan sebagainya, termasuk keajaiban adalah ciri khas mereka sebagai pengatur alam. Mereka juga mengatur aspek-aspek dalam kehidupan manusia dan menentukan nasibnya. Mereka pula dapat memberi hukuman. Beberapa Dewa tidak memiliki kemahakuasaan penuh, mereka disembah dengan sederhana. Para makhluk supernatural yang menguasai unsur-unsur alam atau aspek-aspek tertentu dalam kehidupan manusia yang berjenis kelamin pria disebut Dewa, sedangkan Dewi adalah sebutan untuk yang berjenis kelamin wanita.

DEWA
Sesuatu yang dipuja-puja, misalnya mahluk gaib yang memiliki kekuasaan diatas manusia. Disebut dewi jika mahluk tersebut perempuan. Dewa dalam kisah pewayangan diantaranya Bhatara Guru, dewanya para dewa. Bathara baruna, dewa penguasa lautan, Bhatara Agni, penguasa api. Bhatara bayu, penguasa angin, bhatara candra, penguasa rembulan, bhatara surya, penguasa matahari. Dari kalangan dewi ada juga dewi laksmi yaitu dewi keindahan, dewi ratih yaitu dewi asmara dan dewi pertiwi yaitu dewi bumi.

DEWADARU
kayu yang diyakini memiliki kekuatan magis. Kayu ini tumbuh di kepulauan karimunjawa, jepara.

DIMENSI
Ukuran

DINAMISME
Paham yang meyakini adanya kekuatan roh-roh halus.

DINASTI
Keturunan raja-raja yang memerintah yang semuanya berasal dari satu keluarga.

DOA
Permohonan hamba kepada Tuhannya. Doa bisa saja dikabulkan atau ditunda pengabulannya tergantung dari kualitas orang yang berdoa dan ijin dari Tuhan.

DOKTRIN
Ajaran yang ditanamkan dalam hati sanubari guna membentuk militansi berkaitan dengan suatu bidang ilmu atau paham.

DOSA
Perbuatan yang melanggar hukum Tuhan.

DUKUN
orang yang memiliki keahlian tertentu dalam ilmu tradisional.

DURJANA
Bersifat jahat.

DUYUNG
ikan paus berbentuk kecil. Para ahli mistik mempercayai air mata ikan duyung memilik daya pemikat. Untuk memancing air matanya keluar cukup ditakuti dengan sebilah pisau.

DZIKIR
Mengingat, menyebut atau mengagungkan asma Tuha dengan berbagai cara. Zikir bisa dengan suara keras (zikir jahri) atau dengan diam (zikir kahfi) atau dengan zikir nafs yaitu mengingat Tuhan dengan gerak nafas dan batin.

ELAEOLANCY
Merupakan suatu bentuk ramalan yang menafsirkan bentuk permukaan benda-benda cair.

ESP
Extra Sensory Perception (ESP) adalah kemampuan indera ke-6 (mata batin) yang dimiliki oleh manusia. Ia akan mampu melihat masa lalu dan meramal masa depan, mampu menembus alam gaib dan kemampuan paranormal lainnya.

EXTISPICY
Merupakan suatu bentuk ramalan yang menafsirkan daging jeroan korban persembahan.

FAAL
Tanda yang menunjukan sesuatu yang akan terjadi.

FAKIH
ahli hukum islam.

FAKIR
orang yang hidup dalam kekurangan

FALAKIAH
ilmu tentang tata surya/perbintangan

FALSAFAH
penyelidikan atau pengetahuan tentang akal budi mengenai kebenaran yang ada pada alam semesta.

FANA
hilang saat berdzikir, “menyatu” dengan Tuhan, manusia mengalami kefanaan dii. Dalam kefanaan seseorang banyak mengalami pengalaman spiritual.

FANATIK
Pendapat atau pandangan terhadap sesuatu secara berlebihan, terkadang menyebabkan kepicikan dan hilangnya akal sehat.

FARAID
Ilmu tentang pembagian harta warisan.

FATALISME
Kepercayaan bahwa segala sesuatu yang terjadi pada manusia dan alam ini sudah ditentukan oleh Tuhan tanpa bisa dirubah lagi oleh manusia.

FATWA
jawaban yang diberikan oleh para ahli atas suatu permasalahan yang muncul di masyarakat misalnya fatwa halal/haram tentang bayi tabung, kloning, narkoba dll.

FENOMENA

sesuatu yang keberadaannya dapat dirasakan oleh panca indera dan dapat dijelaskan secara ilmiah.

FIRASAT
Gejala atau tanda-tanda suatu peristiwa akan terjadi. Indera untuk menerima atau merasakan adanya firasat, disebut indera batin atau indera ke 6. Firasat datang dapat melalui getaran hati tanpa sebab-sebab yang melatarbelakanginya, namun dapat juga datang setelah melihat suatu kejadian alam yang disebut titen yaitu kebiasaan suatu kejadian berdasarkan tanda-tanda alam.

FIRDAUS
taman surga yang indah.

FIRMAN
perintah atau ucapan Tuhan dalam kitab suci.

FITRAH
sifat asal, kepribadian asli.

FOSIL
bagian dari mahkluk hidup pada jaman dulu (purba) yang sudah membatu.

GADING
adalah taring gajah. Secara mistis jika digantungkan pada pohon tidak akan berbuah. Dan bisa menyembuhkan wanita mandul jika diminum selama 7 hari.

GAHARU
Sejenis kayu yang berasal dari pohon tengkaras. Baunya harum dan askup kayu gaharu diyakini sebagai makanan mahluk halus sehingga sering digunakan sebagai sarana memanggilnya.

GAIB
Tidak kelihatan, tersembunyi.

GAJAH
Hewan berbelalai panjang yang secara mistis diyakini spermanya memiliki daya magis untuk pengasihan atau menundukan orang lain.

GAMELAN
alat musik tradisional jawa dan sunda.

GANDARUKEM
Pohon yang menghasilkan getah yang membeku (damar). Sering digunakan untuk campuran gurah vagina.

GASTROMANCY
Merupakan bentuk kuno ventriloquism dimana suara direndahkan hingga mencapai tonasi menyayat hati dan kata-kata ramalan dalam kondisi trans.

GELOSCOPY
Merupakan suatu bentuk ramalan yang menafsirkan tonasi tawa orang.

GEMAH RIPAH
Sangat makmur. Suatu keadaan dalam masyarakat yang serba berkecukupan.

GEMBLENG
Ditempa melalui proses pengisian kekuatan gaib.

GENDAM
adalah ilmu gaib yang diarahkan untuk mempengaruhi seseorang agar menuruti kehendak si pemilik ilmu. Berbeda dengan hipnotis dimana si target harus bersedia dihipnotis agar hipnotisnya berhasil, gendam akan langsung menanamkan pengaruhnya kepada target tanpa ampun.

GENDAM
Ilmu penunduk pikiran orang lain. Biasanya orang yang memiliki jiwa lemah lebih mudah dikuasai. Ada yang menyebut gendam berbeda dengan hipnotis. Dalam hipnotis, orang yang hendak dihipnotis harus mau/rela dihipnotis agar proses hipnotis berhasil sedangkan dalam gendam bisa mempengaruhi siapapun tanpa perlu persetujuan orang yang ingin digendam.

GENDERUWO
adalah sejenis mahluk halus yang dikenal di indonesia dimana memiliki ciri fisik badannya tinggi besar dan dipenuhi dengan bulu-bulu hitam. Kehadiran genderuwo biasanya bisa dicium dari bebauan seperti kentang dibakar.

GENEOLOGI
Garis keturunan manusia dalam hubungan keluarga sedarah.

GENTAYANGAN
Berkeliaran. Tidak menetap. Istilah ini sering ditujukan kepada arwah yang diyakini belum diterima di sisi Tuhan sehingga berkeliaran dan terkadang mengganggu manusia.

GEOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan bumi sebagai mediumnya yakni dengan menafsirkan bentuk tanah dan pengaruh arus bumi. Metode ini termasuk juga menafsirkan titik-titik bumi, pola-pola yang dihasilkan oleh segenggam tanah yang jatuh ke dataran, menafsirkan gundukan, bunyi dan gerakan retakan-retakan yang dihasilkan oleh lumpur yang mengering.

GHAWGHA
Kekuatan misterius yang muncul akibat berkumpulnya sejumlah orang/massa sehingga menimbulkan sikap beringas/destruktif. Biasanya jika berkumpul lebih dari 100 orang akan muncul kekuatan negatif ini. Bau minyak cendana diyakini bisa menetralkan kembali emosi massa.

GRAPHOLOGY

Metode ramalan yang menganalisa karakter manusia dari tulisan tangan.

GURAH
Cara tradisional membersihkan lubang tertentu dari anggota badan. Selain gurah hidung dikenal juga gurah mata, perut dan vagina.

GUS
Sebutan keturunan kiai di jawa khususnya dijawa timur.

GYROMANCY
Metode ramalan dimana orang-orang berjalan berputar-putar diantara huruf-huruf dalam suatu ritual hingga pusing dan terjatuh di titik tertentu. Huruf-huruf yang tertimpa orang-orang tersebut kemudian akan ditafsirkan.

HABIB
Kekasih atau sebutan untuk keturunan Rasulullah SAW.

HADRAH
Artinya kehadiran. Mengacu kepada jamaah/perorangan yang mengirimkan doa kepada orang yang masih hidup maupun sudah meninggal.

HALUSINASI
Seolah-olah melihat/mendengar sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Biasanya ini diakibatkan oleh gangguan secara kejiwaan.

HANG
Sebutan lelaki dalam legenda tanah melayu misalnya hang tuah, hang jebat, hang lekir dll.

HANTU
Hantu secara umum merujuk pada kehidupan setelah kematian. Hantu juga dikaitkan dengan roh atau arwah yang meninggalkan badan karena kematian. Definisi dari hantu pada umumnya berbeda untuk setiap agama, peradaban, maupun adat istiadat.

HAQQUL YAKIN
Kepercayaan berdasarkan bukti yang nyata.

HARUSPICATION
Metode ramalan dengan cara menafsirkan daging jeroan binatang. Metode ini dipraktekkan oleh para pendeta di zaman Romawi kuno.

HATAM
Artinya tamat. Yakni tanda dari seseorang yang dianggap selesai dalam menjalankan laku batin dan lalu melakukan hataman (selamatan) dengan jeni makanan tertentu.

HIEROMANCY / HIERSCOPY
Merupakan suatu bentuk ramalan yang menafsirkan relik-relik pengorbanan kuno

HIJAB
Artinya tirai atau penutup. Hijab berasal dari diri manusia yang menyebabkan terhalangnya dengan Allah. Hijab dibentuk oleh nafsu-nafsu negatif manusia itu sendiri.

HIJAB AQTHAR
Sebuah keilmuan dari tradisi Arabic Magic (qahir arwah) menggunakan kombinasi ilmu rajah dan ilmu nafas, berfungsi sebagai media proteksi empat penjuru dari segala macam marabahaya.

HIKAYAT
Artinya cerita atau riwayat.

HIKMAH
Artinya kebijaksanaan. Kebaikan yang tersembunyi. Keseimbangan kesempurnaan antara ilmu dan amal.

HIMMAH
Artinya tekad spiritual yang kuat.

HIO
Dupa tionghoa. terbuat dari kayu gaharu. Dari bau asap inilah arwah atau mahluk halus akan datang.

HIPNOSIS / HIPNOTIS
adalah proses psikologis alami yang “melompati” proses berpikir kritis dan membentuk satu jenis pikiran dan persepsi tertentu yang bisa digunakan untuk mempengaruhi diri sendiri maupun orang lain. metodenya adalah dengan menanamkan sugesti kepada alam bawah sadar manusia. Pada perkembangan selanjutnya, hipnotis bisa digunakan untuk hiburan dan pengobatan (hipnoterapi).

HIPPOMANCY
Metode ramalan yang menafsirkan derap kaki dan ringkikan suara kuda.

HISAB
Perhitungan

HIZIB
Adalah kumpulan doa-doa atau amalan yang berguna untuk kekuatan spiritual baik jasmani maupun rohani (kerejekian, tolak bala, kekebalan, keselamatan, kesaktian dll). Contoh hizib : bahr, nasr, rifai, nawawi dll.

HIZIB AKBAR
Hizib ini berfungsi sebagai wasilah keselamatan dari berbagai hal yang merugikan, termasuk keselamatan dari senjata tajam. Hizib ini terkenal dikalangan para santri pedalaman dimana mereka melengkapi kemampuan fisik mereka dengan kemampuan ruhani sehingga energy dari hizib ini mengalir sampai ke urat nadi mereka dan dapat dirasakan menjalar pada tubuh mereka pada saat mengaktifkannya.

HIZIB ALAM NASYROH

Berfungsi kemudahan segala urusan, perlindungan dari kejahatan, jilbur rizq, mahabbah.

HIZIB KAMA-IN
Hizib ini merupakan salah satu jabar sir dari pola KAF HA YA AIN SHOD—HA MIM AIN SIN QOF, mengandung energy ruhaniyyah yang luar biasa, berfungsi sebagai sarana Mahabbah, Miftah Al-Adyan, Mendatangkan seseroang dari kejauhan, pembuka rizki, penolak bala dan wasilah menundukkan seseorang.

HIZIB MAGHROBI
Merupakan pengetahuan rahasia yang dimiliki para Kyai Khos. Daya energinya berifat agresif-destruktif, sehingga jika pengaktifan energy dilakukan terus-menerus didalam rumah/ruangan, ruangan itu akan rusak dan retak dindingnya. Jika dibacakan didekat ibu hamil akan gugur kandungannya. Daya energinya dapat dipergunakan untuk ketahanan terhadap benda tajam dan tumpul. Pada tingkatan selanjutnya daya energy Hizib Maghrobi dapat dipergunakan juga untuk mengontrol turunnya hujan, daya wibawa, mengusir jin atau orang jahat, selamat dari santet dan sihir. Pada tingkat tertinggi daya kekuatan Hizb ini adalah sebagai daya Pangucap Nyata/Sabda Dadi, apa yang diucapkan akan terjadi.

HOROSCOPY / HOROSKOP
Suau bentuk ramalan dengan cara menentukan horoskop perbintangan.

HUKAMA
Ahli hikmah. Yakni orang yang menguasai tentang firman-firman Allah yang tersurat maupun tersirat.

HULUBALANG
kepala laskar.

HUSNUDZON
Berbaik sangka.

HUSNUL KHOTIMAH
Penghabisan yang baik. Ketika mati disaat orang tersebut berperilaku yang baik.

HYDROMANCY
Metode ramalan yang menggunakan air sebagai mediumnya. Metode ini termasuk meramal dengan mengamati warna, arus, bentuk riak-riak air yang disebabkan oleh kelereng-kelereng yang dilemparkan ke sebuah kolam.

IBADAH
Berbakti atau menyembah Tuhan disertai kepatuhan dan cinta yang mutlak.

IBLIS
Iblis (dari bahasa Arab yang artinya “dia yang dipukul memar”). Alkitab tak punya literatur tentang Setan, selain dari perjanjian lama: ha-Satana, yang berarti musuh. Definisi setan ini lalu diadopsi oleh bahasa Yunani: diabolos) yang dalam bahasa Inggris disebut devil. Dalam referensi Islam, Iblis merupakan makhluk yang berasal dari golongan Jin. Sejak penciptaan manusia Adam, iblis di suruh sujud kepadanya, namun iblis tidak mau sujud kepadanya, oleh karena itu, Iblis dipecat oleh Tuhan dari kelompok malaikat dan menjadi terkutuk. lalu Iblis dendam kepada manusia, keturunan Adam karena lantaran kehadiran Adam, obsesinya jadi makhluk nomor satu jadi buyar. Iblis juga disebut Setan dan seluruh jin dan manusia yang menjadi pengikutnya juga disebut Setan.

ICHING
Dilafalkan “Yee Jing”, adalah Kitab Perubahan Berbahasa China yang telah digunakan sebagai medium peramalan selama ribuan tahun dan mungkin merupakan buku tertua di dunia. Kitab ini telah diperluas dan dimurnikan selama berabad-abad. Namun menurut legenda, kitab ini ditemukan oleh seorang penguasa negeri China sekitar tahun 3000 sebelum masehi yang bernama Fu Hsi. Dialah yang menemukan 8 trigram I Ching

ICHTHYOMANCY
Merupakan suatu metode ramalan yang menggunakan ikan sebagai mediumnya.

IJAZAH
Pengesahan atau legitimasi dari seorang guru kepada murid. Dalam ilmu hikmah ijazah memiliki makna agar ilmu ada jalurnya dan mendapat berkah dari sang guru sehingga terhindar dari perasaan ragu.

IJTIHAD
Menafsirkan sesuatu berdasarkan pikirannya sendiri.

ILAFI
Jiwa yang terhalus yang sudah mampu bertemu dengan Tuhan.

ILHAM
Inspirasi atau petunjuk dari sesuatu yang gaib. Ilham bisa berasal dari Tuhan, jin/mahluk halus. Ilham bisa menyesatkan dan bisa juga memberikan petunjuk yang benar tergantung dari mana ilham itu berasal.

ILMU PUTUS NYAWA
Pola energy perusaknya dapat menghancurleburkan dan menceraiberaikan orang atau komunitas yang zholim dalam waktu 10 hari. Dalam aplikasinya, ilmu ini menggunakan energy pelontar elemen air.

JALJALUT SUGHRO
Doa Jaljalut Sughro mengandung daya karomah yang luar biasa, ilmu ini tidak diturunkan kepada sembarang orang karena sifatnya yang sinengker (rahasia). Terdapat 60 bait doa keramat yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda. Juga dilengkapi dengan rajah-rajah mistik yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Terkandung beberapa hizib rahasia didalamnya.

JIN
secara harfiah adalah sesuatu yang berkonotasi “tersembunyi” atau “tidak terlihat”. Dalam Islam dan mitologi Arab pra-Islam, jin adalah salah satu ras mahluk yang tidak terlihat dan diciptakan dari api.

LASAKTI
Merupakan Perguruan Beladiri Kanuragan Tenaga Dalam dan Kebatinan LASAKTI Indonesia.

LADUNI RIJALUL GHAIB
Merupakan suatu keilmuan yang sangat langka. Dengan mendawamkan amalannya berdasarkan tanggal lahir seseorang, insha Allah mempermudah mempelajari ilmu hikmah, memperkuat ilmu hikmah yang pernah dipelajari, mempertajam intuisi (mata batin), kecerdasan, mendapatkan ilham multidimensi dll.

LAMPADOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan lampu atau obor sebagai mediumnya.

LECANOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan sewadah air sebagai mediumnya.

LELONO
Melakukan ritual perjalanan (jalan kaki) dari jam 12 malam sampai jam 3 subuh (waktu ini dipergunakan sebagai waktu instropeksi diri).

LEMBU SEKILAN
adalah ilmu gaib yang berfungsi untuk pertahanan diri dimana semua serangan dari pihak musuh yang mengarah pada tubuh tidak akan kena atau terpaut satu kilan (jengkal) dari badan meski musuh tersebut menggunakan senjata.

LIBANOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan dupa dan asap pembakaran dupa sebagai mediumnya.

LINEAGE
Lineage adalah silsilah garis ajar seseorang dalam reiki. Dengan mengetahui Lineage berarti anda dapat mengetahui dari mana anda/Master Reiki anda menerima pengajaran, attunement dan sertifikasi Reiki-nya. Setiap aliran Reiki Tradisional akan mempunyai sislsilah garis ajar yang tidak akan terputus yang dimulai dari Sensei Mikao Usui. Apabila seorang Master Reiki tidak dapat menunjukkan Lineage Sah nya, maka ia dianggap tidak kompeten untuk mengajarkan Reiki kepada orang lain, karena materi pengajaran, attunement dan sertifikasi-nya diragukan.

LITHOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan batu-batu mulia dengan beraneka warna termasuk juga menafsirkan pola-pola yang terbentuk dialur bebatuan tersebut sebagai mediumnya.

LUCIFER
artinya sama dengan “iblis”

LUK
Istilah ini digunakan untuk bilah keris yang tidak lurus, tetapi berkelok atau berlekuk. Luk pada keris selalu gasal, tidak pernah genap. Hitungannya mulai dari luk tiga, sampai luk tigabelas. Itu keris yang normal. Jika luknya lebih dari 13, dianggap sebagai keris yang tidak normal, dan disebut keris kalawijan atau palawijan. Jumlah luk pada keris selalu gasal, tidak pernah genap. Selain itu, irama luk keris dibagi menjadi tiga golongan. Pertama, luk yang kemba atau samar. Kedua, luk yang sedeng atau sedang. Dan ketiga, luk yang rengkol — yakni yang irama luknya tegas.

LYCHNOMANCY
Metode ramalan dengan cara mengamati dan menafsirkan lidah api yang timbul dari sebuah lampu minyak atau lilin.

MALAIKAT
Kata malaikat merupakan jamak dari kata Arab malak yang berarti kekuatan. Jadi malaikat adalah kekuatan-kekuatan yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah.

MARGARITOMANCY
Metode ramalan yang menafsirkan pantulan butir-butir mutiara yang dilemparkan.

MENDAK
adalah sebutan bagi cincin keris, yang berlaku di Pulau Jawa, Bali, dan Madura. Di daerah lain biasanya digunakan istilah cincin keris. Mendak hampir selalu dibuat dari bahan logam: emas, perak, kuningan, atau tembaga. Banyak di antaranya yang dipermewah dengan intan atau berlian. Pada zaman dulu ada juga mendak yang dibuat dari besi berpamor. Selain sebagai hiasan kemewahan, mendak juga berfungsi sebagai pembatas antara bagian hulu keris atau ukiran dengan bagian warangka.

METAFISIKA
adalah cabang filsafat yang mempelajari penjelasan asal atau hakekat objek (fisik) di dunia. Metafisika adalah studi keberadaan atau realitas. Metafisika mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti: Apakah sumber dari suatu realitas? Apakah Tuhan ada? Apa tempat manusia di dalam semesta? Cabang utama metafisika adalah ontologi, studi mengenai kategorisasi benda-benda di alam dan hubungan antara satu dan lainnya. Ahli metafisika juga berupaya memperjelas pemikiran-pemikiran manusia mengenai dunia, termasuk keberadaan, kebendaan, sifat, ruang, waktu, hubungan sebab akibat, dan kemungkinan. Penggunaan istilah “metafisika” telah berkembang untuk merujuk pada “hal-hal yang di luar dunia fisik”. “Toko buku metafisika”, sebagai contoh, bukanlah menjual buku mengenai ontologi, melainkan lebih kepada buku-buku mengenai ilmu gaib, pengobatan alternatif, dan hal-hal sejenisnya.

METAGNOMY
Metode ramalan yang menafsirkan “gambaran” yang diperoleh pada saat trans/kesurupan.

METEOROMANCY
Metode ramalan yang menggunakan pengamatan benda-benda meteor sebagai mediumnya.

METOPOSCOPY
Ramalan yang menggunakan metode pembacaan karakter melalui garis-garis yang ada dikening manusia.

MISTIK
adalah paham yang memberikan ajaran yang serba rahasia, tersembunyi, gelap atau terselubung sehingga hanya dikenal, diketahui atau dipahami oleh orang-orang tertentu saja, terutama sekali penganutnya.

MITOS
Suatu hal/cerita yang dipercaya banyak orang dari jaman dahulu sampai sekarang dimana cerita tersebut menyebar dari mulut ke mulut satu generasi ke generasi selanjutnya.

MIZAN
Istilah dalam bahasa arab yang artinya neraca atau timbangan.

MOLEOSOPHY
Metode ramalan yang menafsirkan tahi lalat sebagai indikasi karakter dan masa depan manusia.

MOLYBDOMANCY
Metode ramalan yang mencari pertanda mistis dari bunyi desis tembaga yang tengah mencair. Ramalan ini termasuk menafsirkan bentuk dan pola yang dihasilkan dari tembaga cair yang dituangkan di atas air dingin atau di atas tanah.

MUTIH
Mutih adalah salah satu jenis puasa dimana seseorang tdk boleh makan apa-apa kecuali hanya nasi putih dan air putih saja. Nasi putihnya pun tdk boleh ditambah apa-apa lagi (seperti gula, garam dll.) jadi betul-betul hanya nasi putih dan air puih saja. Sebelum melakukan puasa mutih ini, biasanya seorang pelaku puasa harus mandi keramas dulu sebelumnya dan membaca mantra ini : “niat ingsun mutih, mutihaken awak kang reged, putih kaya bocah mentas lahirdipun ijabahi gusti allah.”

MYOMANCY
Metode ramalan yang menafsirkan arti perlambang dari tingkah laku tikus.

NECROMANCY
Metode ramalan yang memanggil arwah orang-orang yang sudah meninggal.

NEPHELOMANCY
Metode ramalan dengan cara mengamati dan menafsirkan bentuk-bentuk awan.

NGALONG
Tehnik bertapa yang dilakukan dengan posisi tubuh kepala dibawah dan kaki diatas (sungsang). Pada tahap tertentu tapa ini dilakukan dengan kaki yang menggantung di dahan pohon dan posisi kepala di bawah (seperti kalong/kelelawar). Pada saat menggantung dilarang banyak bergerak. Secara fisik bagi yang melakoni tapa ini melatih keteraturan nafas. Biasanya puasa ini dibarengi dengan puasa Ngrowot.

NGANYEP
Puasa ini adalah puasa yang hanya memperbolehkan memakan yang tidak ada rasanya. Hampir sama dengan Mutih , perbedaanya makanannya lebih beragam asal dengan ketentuan tidak mempunyai rasa.

NGASREP
Puasa dimana hanya diperbolehkan makan dan minum yang tidak ada rasanya, minumnya hanya diperbolehkan 3 kali saja sehari.

NGEBLENG
Puasa Ngebleng adalah menghentikan segala aktifitas normal sehari-hari. Seseorang yang melakoni puasa Ngebleng tidak boleh makan, minum, keluar dari rumah/kamar, atau melakukan aktifitas seksual. Waktu tidur-pun harus dikurangi. Biasanya seseorang yang melakukan puasa Ngebleng tidak boleh keluar dari kamarnya selama sehari semalam (24 jam). Pada saat menjelang malam hari tidak boleh ada satu lampu atau cahaya-pun yang menerangi kamar tersebut. Kamarnya harus gelap gulita tanpa ada cahaya sedikitpun. Dalam melakoni puasa ini diperbolehkan keluar kamar hanya untuk buang air saja.

NGELOWONG
Adalah salah satu jenis puasa dimana Seseorang yang melakoni puasa Ngelowong dilarang makan dan minum dalam kurun waktu tertentu. Hanya diperbolehkan tidur 3 jam saja (dalam 24 jam). Diperbolehkan keluar rumah.

NGELUWANG
Tapa Ngeluwang adalah tapa paling menakutkan bagi orang-orang awam dan membutuhkan keberanian yang sangat besar. Tapa Ngeluwang disebut-sebut sebagai cara untuk mendapatkan daya penglihatan gaib dan menghilangkan sesuatu. Tapa Ngeluwang adalah tapa dengan dikubur di suatu pekuburan atau tempat yang sangat sepi. Setelah seseorang selesai dari tapa ini, biasanya keluar dari kubur maka akan melihat hal-hal yang mengerikan (seperti arwah gentayangan, jin dlsb). Sebelum masuk kekubur, disarankan baca mantra ini : ” Niat ingsun Ngelowong, anutupi badan kang bolong siro mara siro mati, kang ganggu maang jiwa insun, lebur kaya dene banyu krana Allah Ta’ala.”

NGEPEL
Ngepel berarti satu kepal penuh. Puasa ini mengharuskan seseorang untuk memakan dalam sehari satu kepal nasi saja. Terkadang diperbolehkan sampai dua atau tiga kepal nasi sehari.

NGERUH
Adalah salah satu jenis puasa dimana dalam melakoni puasa ini seseorang hanya boleh memakan sayuran / buah-buahan saja. Tidak diperbolehkan makan daging, ikan, telur dsb.

NGIDANG
Merupakan puasa yang hanya diperbolehkan memakan dedaunan saja, dan air putih saja. Selain daripada itu tidak diperbolehkan.

NGROWOT
Puasa ini adalah puasa yang lengkap dilakukan dari subuh sampai maghrib. Saat sahur seseorang yang melakukan puasa Ngrowot ini hanya boleh makan buah-buahan itu saja! Diperbolehkan untuk memakan buah lebih dari satu tetapi hanya boleh satu jenis yang sama, misalnya pisang 3 buah saja. Dalam puasa ini diperbolehkan untuk tidur.

NUMEROLOGY
Metode ramalan yang menafsirkan arti-arti angka, tanggal dan jumlah huruf.

OCULOMANCY
Metode ramalan yang menafsirkan bentuk mata manusia.

OINOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan minuman anggur sebagai mediumnya. Ramalan ini termasuk juga dengan cara menafsirkan permukaan anggur yang hitam pekat di dalam piala.

OKULTISME
Okultisme adalah kepercayaan terhadap hal-hal supranatural seperti ilmu sihir. Kata “okultisme” merupakan terjemahan dari bahasa Inggris, occultism. Kata dasarnya, occult, berasal dari bahasa Latin occultus (‘rahasia’) dan occulere (‘tersembunyi’), yang merujuk kepada ‘pengetahuan yang rahasia dan tersembunyi’ atau sering disalah-artikan oleh masyarakat umum sebagai ‘pengetahuan supranatural’. Okultisme yang sebenarnya adalah bukanlah hanya sihir dan lebih tepatnya bukanlah supranatural, karena pada dasarnya okultisme adalah ilmu yang alami. Okultisme adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan tersembunyi yang terdapat dalam alam semesta, pada diri dan lingkungan kita. Tujuan akhirnya bagi praktisi okultisme adalah pemahaman dan pengertian yang sebenarnya tentang diri sendiri yang lebih tinggi yang kemudian akan menghasilkan pencerahan dan kebijaksanaan yang akhirnya akan mendekatkan diri pada sang pencipta.

OKULTISME
Okultisme adalah kepercayaan terhadap hal-hal supranatural seperti ilmu sihir. Kata “okultisme” merupakan terjemahan dari bahasa Inggris, occultism. Kata dasarnya, occult, berasal dari bahasa Latin occultus (rahasia) dan occulere (tersembunyi), yang merujuk kepada pengetahuan yang rahasia dan tersembunyi atau sering disalah-artikan oleh masyarakat umum sebagai pengetahuan supranatural. Okultisme yang sebenarnya adalah bukanlah hanya sihir dan lebih tepatnya bukanlah supranatural, karena pada dasarnya okultisme adalah ilmu yang alami. Okultisme adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan tersembunyi yang terdapat dalam alam semesta, pada diri dan lingkungan kita. Tujuan akhirnya bagi praktisi okultisme adalah pemahaman dan pengertian yang sebenarnya tentang diri sendiri yang lebih tinggi yang kemudian akan menghasilkan pencerahan dan kebijaksanaan yang akhirnya akan mendekatkan diri pada sang pencipta.

OLOLYGOMANCY
Metode ramalan yang menafsirkan lolongan anjing.

OMPHALOMANCY
Metode ramalan yang meramal berapa banyak anak yang akan dimiliki oleh seorang ibu di masa depannya dengan cara menghitung jumlah ikatan yang ada di ari-ari si jabang bayi yang baru lahir.

ONEIROMANCY
Metode ramalan yang mengartikan mimpi dan tanda-tanda firasat lainnya.

ONOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan nama sebagai dasar peramalan.

ONYCHOMANCY
Metode ramalan dengan cara memandangi kuku jari tangan yang telah dicat mengkilap.

OPHIOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan ular sebagai mediumnya.

ORNISCOPY/ORINITHOMANCY
Metode ramalan yang menafsirkan firasat yang dikaitkan dengan burung, terutama burung yang sedang terbang.

ORNITHOMANCY
Metode ramalan yang menafsirkan gerak terbang dan tingkah laku burung.

OVOMANCY
Metode ramalan yang menafsirkan putih telur. Juga dikenal sebagai Oomantia.

PALMISTRY
Metode ramalan yang dikenal luas. Ramalan ini menggunakan bentuk garis tangan sebagai dasar peramalan.

PADEPOKAN
Tempat atau sanggar untuk semedi, bertapa, pengasingan diri seperti yang dilakukan para raja tanah jawa terdahulu.

PADEPOKAN LINDU AJI
Adalah Padepokan yang berbadan Hukum Yayasan dan telah disyahkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (MENKUMHAM). Padepokan Lindu Aji sebagai Induk bagi beberapa Lembaga, Organisasi, Pondok Pesantren, Perguruan Spiritual, Perguruan Beladiri, Perguruan Tenaga Dalam, Klinik Pengobatan yang bernaung dibawahnya.

PAMOR
Pamor dalam dunia perkerisan memiliki 3 (tiga) macam pengertian. Yang pertama menyangkut bahan pembuatannya; misalnya: pamor meteorit, pamor Luwu, pamor nikel, dan pamor sanak. Pengertian yang kedua menyangkut soal bentuk gambaran atau pola bentuknya. Misalnya: pamor Ngulit Semangka, Beras Wutah, Ri Wader, Adeg, dan sebagainya. Ketiga, menyangkut soal teknik pembuatannya, misalnya: pamor mlumah, pamor miring, dan pamor puntiran.

PARANORMAL
adalah orang yang mempunyai ilmu Metafisika, sehingga mampu mengerjakan, melihat ataupun berhubungan dengan hal-hal alam gaib / kasat mata, yang tidak dapat di raih oleh manusia biasa. Sebagian dari mereka memanfaatkan ilmunya untuk dijadikan pekerjaan tetap mereka untuk mencari nafkah, dengan cara membantu masyarakat sekitar. Paranormal mendapatkan ilmunya dengan berbagai macam cara, belajar sendiri, belajar kepada orang lain, memperdalam ilmu agama, dan lain sebagainya. Ada sebagian paranormal yang merangkap dirinya sebagai dukun, tetapi ada juga sebagian lainnya yang tidak, bahkan mereka sangat tersinggung bilamana dirinya dianggap dukun.

PATI GENI
Puasa Patigeni hampir sama dengan puasa Ngebleng. Perbedaanya ialah tidak boleh keluar kamar dengan alasan apapun, tidak boleh tidur sama sekali. Biasanya puasa ini dilakukan sehari semalam, ada juga yang melakukannya 3 hari, 7 hari dst. Jika seseorang yang melakukan puasa Patigeni ingin buang air maka, harus dilakukan didalam kamar (dengan memakai pispot atau yang lainnya). Ini adalah mantra puasa patigeni : “niat ingsun patigeni, amateni hawa panas ing badan ingsun, amateni genine napsu angkara murka krana Allah taala”.

PEGOMANCY
Metode ramalan yang menafsirkan suara dan tampilan air yang mengalir dari mata air atau air mancur.

PELET
adalah ilmu gaib yang bertujuan membuat seseorang yang dituju menyukai/sayang/jatuh hati kepada orang yang melakukan pelet. Istilah lain pelet adalah pengasihan (tujuan positif) dan guna-guna (tujuan negatif).

PENDOK
berfungsi sebagai pelindung atau pelapis gandar, yaitu bagian warangka keris yang terbuat dari kayu lunak. Namun fungsi pelindung itu kemudian beralih menjadi sarana penampil kemewahan. Pendok yang sederhana biasanya terbuat dari kuningan atau tembaga, tetapi yang mewah terbuat dari perak atau emas bertatah intan berlian. Bentuk pendok ada beberapa macam, yakni pendok bunton, blewehan, slorok, dan topengan.

PENGOBATAN ALTERNATIF
bentuk pengobatan di luar standar kedokteran/medis yang berlaku. Pengobatan ini dilakukan karena kegagalan pengobatan secara medis kedokteran atau belum ada obatnya secara medis atau karena biaya yang terlalu mahal (operasi). Pelaku pengobat alternatif biasanya disebut tabib, sin she, dukun, paranormal dan sejenisnya.

PATADA
Adalah Klinik Pengobatan Alternatif “Patma Taqwa Husada”

PERABOT KERIS
Dalam dunia perkerisan, asesoris bilah keris disebut perabot keris. Perlengkapan atau asesoris itu meliputi warangka atau sarung keris, ukiran atau hulu keris, mendak atau cincin keris, selut atau pedongkok, dan pendok atau logam pelapis warangka.

PESSOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan kelerang sebagai mediumnya.

PESUGIHAN
adalah ilmu untuk memperoleh kekayaan dunia yang disertai dengan ritual tertentu. Pesugihan bisa merupakan ilmu hitam (babi ngepet, tuyul, buto ijo dll) yang biasanya memerlukan tumbal manusia dan tidak perlu kerja keras. Pesugihan putih adalah tanpa tumbal dan didapat melalui cara-cara yang diperbolehkan agama misalnya berzikir kepada Allah dan harus disertai kerja keras dan bersedekah.

PHRENOLOGY
Metode ramalan yang telah lama dipraktekkan. Ramalan ini menafsirkan bentuk kepala manusia sebagai dasar peramalan.

PHYLLORHODOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan daun bunga Mawar sebagai mediumnya. Ramalan ini termasuk juga meggunakan helai-helai bunga Mawar yang digosokkan ke tangan dan hasil ramalan akan ditentukan dari keras tidaknya bunyi yang dihasilkan.

PHYSIOGNOMY
Metode ramalan yang menafsirkan dan menganalisis karakter melalui ciri-ciri fisik.

PLASTROMANCY
Metode ramalan yang menggunakan cangkang kura-kura sebagai mediumnya, Ramalan ini dilakukan di zaman China kuno.

PRECOGNITION
Merupakan suatu bentuk ramalan yang berkaitan dengan pengetahuan dari dalam atau merasakan kejadian-kejadian yang akan terjadi di masa depan.

PRIMBON
adalah metode perhitungan jawa kuno untuk memprediksi segala aspek kehidupan manusia mulai dari watak manusia, rumah tangga, perjodohan, rejeki, karir, hari baik-naas dan lain sebagainya. Metode ini telah berusia ratusan tahun dan telah secara empiris dibuktikan dari generasi ke generasi dengan akurasi yang cukup tinggi. Gunakan prediksi dari primbon secara bijaksana yaitu sebagai petunjuk untuk kebaikan hidup. Prediksi hendaknya tidak untuk dipercayai sepenuhnya karena prediksi bukanlah kebenaran absolut namun sebagai petunjuk yang mesti diperhatikan dan diwaspadai.

PSYCHOGRAPHY
Merupakan suatu bentuk ramalan berupa suatu bentuk tulisan misterius yang mengandung nilai-nilai ramalan.

PSYCHOMETRI
Suatu kemampuan meramal yang diperoleh melalui sentuhan fisik.

PUASA MUTIH
Dalam puasa mutih ini seseorang tdk boleh makan apa-apa kecuali hanya nasi putih dan air putih saja. Nasi putihnya pun tdk boleh ditambah apa-apa lagi (seperti gula, garam dll.) jadi betul-betul hanya nasi putih dan air puih saja. Sebelum melakukan puasa mutih ini, biasanya seorang pelaku puasa harus mandi keramas dulu sebelumnya dan membaca mantra ini : “niat ingsun mutih, mutihaken awak kang reged, putih kaya bocah mentas lahirdipun ijabahi gusti allah.”

PUASA NGANYEP
Puasa ini adalah puasa yang hanya memperbolehkan memakan yang tidak ada rasanya. Hampir sama dengan Mutih , perbedaanya makanannya lebih beragam asal dengan ketentuan tidak mempunyai rasa.

PUASA NGASREP
Hanya diperbolehkan makan dan minum yang tidak ada rasanya, minumnya hanya diperbolehkan 3 kali saja sehari.

PUASA NGEBLENG
Puasa Ngebleng adalah menghentikan segala aktifitas normal sehari-hari. Seseorang yang melakoni puasa Ngebleng tidak boleh makan, minum, keluar dari rumah/kamar, atau melakukan aktifitas seksual. Waktu tidur-pun harus dikurangi. Biasanya seseorang yang melakukan puasa Ngebleng tidak boleh keluar dari kamarnya selama sehari semalam (24 jam). Pada saat menjelang malam hari tidak boleh ada satu lampu atau cahaya-pun yang menerangi kamar tersebut. Kamarnya harus gelap gulita tanpa ada cahaya sedikitpun. Dalam melakoni puasa ini diperbolehkan keluar kamar hanya untuk buang air saja.

PUASA NGELOWONG

Puasa ini lebih mudah dibanding puasa-puasa diatas Seseorang yang melakoni puasa Ngelowong dilarang makan dan minum dalam kurun waktu tertentu. Hanya diperbolehkan tidur 3 jam saja (dalam 24 jam). Diperbolehkan keluar rumah.

PUASA NGEPEL
Ngepel berarti satu kepal penuh. Puasa ini mengharuskan seseorang untuk memakan dalam sehari satu kepal nasi saja. Terkadang diperbolehkan sampai dua atau tiga kepal nasi sehari.

PUASA NGERUH
Dalam melakoni puasa ini seseorang hanya boleh memakan sayuran / buah-buahan saja. Tidak diperbolehkan makan daging, ikan, telur dsb.

PUASA NGIDANG
Hanya diperbolehkan memakan dedaunan saja, dan air putih saja. Selain daripada itu tidak diperbolehkan.

PUASA PATI GENI
Puasa Patigeni hampir sama dengan puasa Ngebleng. Perbedaanya ialah tidak boleh keluar kamar dengan alasan apapun, tidak boleh tidur sama sekali. Biasanya puasa ini dilakukan sehari semalam, ada juga yang melakukannya 3 hari, 7 hari dst. Jika seseorang yang melakukan puasa Patigeni ingin buang air maka, harus dilakukan didalam kamar (dengan memakai pispot atau yang lainnya). Ini adalah mantra puasa patigeni : “niat ingsun patigeni, amateni hawa panas ing badan ingsun, amateni genine napsu angkara murka krana Allah taala”.

PUASA WUNGON
Puasa ini adalah puasa pamungkas, tidak boleh makan, minum dan tidur selama 24 jam.

PYROMANCY / PYROSCOPY
Metode ramalan yang menafsirkan bentuk api, seringkali dibantu dengan menambahkan zat-zat ke dalam perapian.

RADIESTHESIA
Merupakan istilah umum untuk metode ramalan yang menggunakan sebuah alat seperti tongkat ramalan atau pendulum. Bentuk lain dari metode ramalan ini termasuk “ketuk meja”, papan Ouija Board, tulisan otomatis (atau tulisan super sadar) dan menerawang.

RAGA SUKMA
Raga Sukma atau Astral Projection adalah ilmu melepas sukma dimana jika sukma kita mampu keluar dari tubuh maka kita bisa menjelajah alam fisik dan juga alam gaib. Manfaatnya tentu bisa berkunjung ke berbagai negara, mengunjungi sanak saudara, bertemu dengan guru gaib/rijalulah, bertemu mahluk halus, mengagumi ciptaan Allah dll. Kemampuan meraga sukma juga sebagai sarana belajar ilmu kematian sehingga kematian tidak lagi sebagai hal yang perlu ditakuti. Dalam hadist dikatakan “matilah kamu sebelum kamu dimatikan”. Atau dalam bahasa jawa “mati sakjroning urip” (matilah kamu selagi hidup).

REINKARNASI
adalah proses daur ulang atau siklus kematian dan kehidupan kembali manusia. Kata “reinkarnasi” asalnya dari kata re+in+carnis. Kata Latin carnis berarti daging. Incarnis artinya mempunyai bentuk manusia. Jadi reinkarnasi adalah masuknya jiwa ke dalam tubuh yang baru. Jiwanya adalah jiwa yang sudah ada, tapi jasadnya baru. Maka, reinkarnasi juga dapat disebut kelahiran kembali (tumimbal lahir). Kondisi ini disebut pula sebagai migrasi jiwa. Artinya, jasad lama ditinggalkan alias mati, dan pada suatu kesempatan jiwa tersebut masuk ke dalam jasad baru, alias menjadi bayi kembali.

RHABDOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan sebatang kayu atau tongkat sebagai mediumnya. Ramalan ini merupakan bentuk terdahulu dari tongkat ramalan. Ramalan ini terutama digunakan untuk menemukan air, harta karun, atau zat-zat lain seperti minyak.

RHAPSODOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan sebuah buku puisi atau ayat-ayat yakni dengan cara membuka secara acak baris-baris puisi atau ayat-ayat tersebut kemudian diartikan.

RICIKAN
Adalah bagian-bagian atau komponen bilah keris atau tombak. Masing-masing ricikan keris ada namanya. Dalam dunia perkerisan soal ricikan ini penting, karena sangat erat kaitannya dengan soal dapur dan tangguh keris. Sebilah keris ber-dapur Jalak Sangu Tumpeng tanda-tandanya adalah berbilah lurus, memakai gandik polos, pejetan, sogokan rangkap, tikel alis, dan tingil. Gandik polos, pejetan, sogokan rangkap, tikel alis, dan tingil, adalah komponen keris yang disebut ricikan..

RUQYAH
adalah metode yang berasal dari agama islam untuk mengusir mahluk halus (kesurupan, sihir/santet dll) melalui pembacaan ayat-ayat tertentu dari Al Quran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

RUWATAN
prosesi spiritual untuk menyingkirkan hambatan/rintangan dalam hidup seseorang. Rintangan bisa diakibatkan oleh takdir/karma, kiriman orang, aura yang tertutup, energi negatif. Prosesi ini biasanya dilakukan oleh paranormal atau dalang (orang yang ahli dalam bidang ilmu gaib)

SAMSARA
Samsara atau sangsara dalam agama Buddha adalah sebuah keadaan tumimbal lahir (kelahiran kembali) yang berulang-ulang tanpa henti. Selain agama Buddha, kata samsara juga ditemukan dalam agama Hindu, Jainisme, serta beberapa agama terkait lainnya, dan merujuk kepada konsep reinkarnasi.

SANTET
adalah upaya seseorang untuk mencelakai orang lain dari jarak jauh dengan menggunakan “ilmu hitam”. Santet dilakukan menggunakan berbagai macam media antara lain rambut, foto, boneka, dupa, rupa-rupa kembang, dan lain-lain. Seseorang yang terkena santet akan berakibat cacat atau meninggal dunia.

SCIOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan tuntunan arwah. Ramalan ini biasanya dilakukan oleh para medium.

SCRYING

Merupakan istilah umum untuk bentuk ramalan yang menggunakan sebuah Kristal, cermin, semangkuk air, tinta atau lidah api untuk memperoleh gambaran.

SCYPHOMANCY
Metode ramalan yang menggunakan cangkir atau vas bunga sebagi mediumnya.

SELUT
seperti mendak, terbuat dari emas atau perak, bertatahkan permata. Tetapi fungsi selut terbatas hanya sebagai hiasan yang menampilkan kemewahan. Dilihat dari bentuk dan ukurannya, selut terbagi menjadi dua jenis, yaitu selut njeruk pecel yang ukurannya kecil, dan selut njeruk keprok yang lebih besar. Sebagai catatan; pada tahun 2001, selut nyeruk keprok yang bermata berlian harganya dapat mencapai lebih dari Rp. 20 juta! Karena dianggap terlalu menampilkan kemewahan, tidak setiap orang mau mengenakan keris dengan hiasan selut.

SIDEROMANCY
Metode ramalan dengan cara membakar sedotan dengan setrika panas, bentuk yang dihasilkan kemudian diartikan.

SORTILEGE
Metode ramalan dengan cara melempar bongkahan dan hasil lemparan tersebut akan diartikan.

SPODOMANCY

Merupakan suatu bentuk ramalan yang menggunakan ilalang sebagi mediumnya.

STICHOMANCY
Merupakan suatu bentuk ramalan dengan cara melemparkan buku dan memilih secara acak lembaran-lembaran buku untuk tujuan peramalan.

STOLISOMANCY
Merupakan suatu bentuk ramalan yang menafsirkan pertanda dari penampilan dan cara berpakaian manusia, misalnya karena salah letak, terpakai terbalik dll.

SUFISME / TASAWUF
Tasawuf (Tasawwuf) atau Sufisme adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memporoleh kebahagian yang abadi. Tasawuf pada awalnya merupakan gerakan zuhud (menjauhi hal duniawi) dalam Islam, dan dalam perkembangannya melahirkan tradisi mistisme Islam. Tarekat (pelbagai aliran dalam Sufi) sering dihubungkan dengan Syiah, Sunni, cabang Islam yang lain, atau kombinasi dari beberapa tradisi. Pemikiran Sufi muncul di Timur Tengah pada abad ke-8, sekarang tradisi ini sudah tersebar ke seluruh belahan dunia.

SULAP
adalah merupakan suatu seni pertunjukkan yang diminati sebagian besar masyarakat di dunia, karena pada penyajiannya sulap dapat membuat heran penontonnya akan rahasia dibalik penyajiannya. Sulap merupakan suatu gabungan dari berbagai seni yang ada, misalnya seni tari, seni musik, seni rupa, dll dan merupakan penerapan dari gabungan berbagai disiplin ilmu yang ada. Misalnya ilmu fisika, ilmu biologi, ilmu kimia, ilmu psikologi, dan lain-lain. Seni Sulap bukanlah suatu keterampilan yang berbau klenik atau supranatural, karena setiap trik sulap dapat dijelaskan. Sulap semata-mata hanyalah permainan “kelihaian” tangan, manipulasi, hasil kerja dari suatu perlengkapan/ peralatan ataupun efek yang timbul dari suatu reaksi kimia dan yang telah dilatih sebaik mungkin oleh seorang pesulap sebelum dipertunjukkan kepada orang lain. Oleh sebab itu sulap dapat dipelajari oleh semua orang, asalkan orang tersebut mau berlatih pula dengan baik.

SUPRANATURAL
Supranatural (supra berarti “atas” dan “nature” yang berarti alam, pertama kali digunakan: 1520-1530 M)[1] adalah sebutan untuk kejadian yang tidak bisa dijelaskan dengan hukum alam, atau berada di atas dan di luar alam. Supranatural sering dikaitkan dengan paranormal atau okultisme.

SYCOMANCY
Metode ramalan yang dilakukan dengan cara menuliskan pesan di dedaunan: semakin lama tulisan tersebut mengering maka semakin mungkin pertanda tersebut akan terjadi. Variasi modern dari metode ramalan ini adalah dengan menuliskan pesan di atas kertas dan kemudian digulung bersama-sama dengan kertas kosong. Kemudian kertas-kertas tersebut dijepit dan digantung diatas rebusan air. Kertas pertama yang terlepas dari gulungan merupakan jawaban dari pertanyaan yang diajukan.

TAHTA MATARAM
Adalah Lembaga Pendidikan Pernafasan Tenaga Dalam dan Penyembuhan

TANGGUH
Tangguh arti harfiahnya adalah perkiraan atau taksiran. Dalam dunia perkerisan maksudnya adalah perkiraan zaman pembuatan bilah keris, perkiraan tempat pembuatan, atau gaya pembuatannya. Karena hanya merupakan perkiraan, me-nangguh keris bisa saja salah atau keliru. Kalau sebilah keris disebut tangguh Blambangan, padahal sebenarnya tangguh Majapahit, orang akan memaklumi kekeliruan tersebut, karena bentuk keris dari kedua tangguh itu memang mirip. Tetapi jika sebuah keris buatan baru di-tangguh keris Jenggala, maka jelas ia bukan seorang ahli tangguh yang baik. Walaupun sebuah perkiraan, tidak sembarang orang bisa menentukan tangguh keris. Untuk itu ia perlu belajar dari seorang ahli tangguh, dan mengamati secara cermat ribuan bilah keris. Ia juga harus memiliki photographic memory yang kuat.

TANJEG
adalah perkiraan manfaat atau tuah keris, tombak, atau tosan aji lainnya. Sebagian pecinta keris percaya bahwa keris memiliki ‘isi’ yang disebut angsar. Kegunaan atau manfaat angsar keris ini banyak macamnya. Ada yang menambah rasa percaya diri, ada yang membuat lebih luwes dalam pergaulan, ada yang membuat nasihatnya di dengar orang. Untuk mengetahui segala manfaat angsar itu, diperlukan ilmu tanjeg. Dalam dunia perkerisan, ilmu tanjeg termasuk esoteri keris.

TAPA JEJEG
Tidak duduk selama 12 jam.

TAPA JEJEG
Ritual dimana tidak boleh duduk selama 12 jam.

TAPA KUNGKUM
Kungkum merupakan tapa yang sangat unik dimana pelakunya harus berendam dalam air sungai dengan posisi air setinggi leher.

TAPA LELONO
Melakukan perjalanan (jalan kaki) dari jam 12 malam sampai jam 3 subuh (waktu ini dipergunakan sebagai waktu instropeksi diri).

TAPA NGALONG
Tapa ini juga begitu unik. Tapa ini dilakuakn dengan posisi tubuh kepala dibawah dan kaki diatas (sungsang). Pada tahap tertentu tapa ini dilakukan dengan kaki yang menggantung di dahan pohon dan posisi kepala di bawah (seperti kalong/kelelawar). Pada saat menggantung dilarang banyak bergerak. Secara fisik bagi yang melakoni tapa ini melatih keteraturan nafas. Biasanya puasa ini dibarengi dengan puasa Ngrowot.

TAPA NGELUWANG
Tapa Ngeluwang adalah tapa paling menakutkan bagi orang-orang awam dan membutuhkan keberanian yang sangat besar. Tapa Ngeluwang disebut-sebut sebagai cara untuk mendapatkan daya penglihatan gaib dan menghilangkan sesuatu. Tapa Ngeluwang adalah tapa dengan dikubur di suatu pekuburan atau tempat yang sangat sepi. Setelah seseorang selesai dari tapa ini, biasanya keluar dari kubur maka akan melihat hal-hal yang mengerikan (seperti arwah gentayangan, jin dlsb). Sebelum masuk kekubur, disarankan baca mantra ini : “ Niat ingsun Ngelowong, anutupi badan kang bolong siro mara siro mati, kang ganggu maang jiwa insun, lebur kaya dene banyu krana Allah Ta’ala.”

TAREKAT
berasal dari bahasa Arab thariqah, jamaknya tharaiq, yang berarti: (1) jalan atau petunjuk jalan atau cara, (2) Metode, system (al-uslub), (3) mazhab, aliran, haluan (al-mazhab), (4) keadaan (al-halah), (5) tiang tempat berteduh, tongkat, payung (‘amud al-mizalah). Menurut Al-Jurjani ‘Ali bin Muhammad bin ‘Ali (740-816 M), tarekat ialah metode khusus yang dipakai oleh salik (para penempuh jalan) menuju Allah Ta’ala melalui tahapan-tahapan/maqamat. Dengan demikian tarekat memiliki dua pengertian, pertama ia berarti metode pemberian bimbingan spiritual kepada individu dalam mengarahkan kehidupannya menuju kedekatan diri dengan Tuhan. Kedua, tarekat sebagai persaudaraan kaum sufi (sufi brotherhood) yang ditandai dengan adannya lembaga formal seperti zawiyah, ribath, atau khanaqah. Bila ditinjau dari sisi lain tarekat itu mempunyai tiga sistem, yaitu: sistem kerahasiaan, sistem kekerabatan (persaudaraan) dan sistem hirarki seperti khalifah tawajjuh atau khalifah suluk, syekh atau mursyid, wali atau qutub. Kedudukan guru tarekat diperkokoh dengan ajaran wasilah dan silsilah. Keyakinan berwasilah dengan guru dipererat dengan kepercayaan karamah, barakah atau syafa’ah atau limpahan pertolongan dari guru.

TASSEOGRAPHY / TASSEOMANCY
Merupakan suatu bentuk ramalan dengan cara membaca daun teh yang tersisa dari minuman teh yang telah diminum di cangkir.

TAYUH
Merupakan perkiraan tentang cocok atau tidaknya, angsar sebilah keris dengan (calon) pemiliknya. Sebelum memutuskan, apakah keris itu akan dibeli (dibayar mas kawinnya), si peminat biasanya terlebih dulu akan me- tayuh atas keris itu. Tujuannya untuk mengetahui, apakah keris itu cocok atau berjodoh dengan dirinya.

TENAGA DALAM

Tenaga dalam adalah suatu konsep yang populer di dalam masyarakat Melayu di Asia Tenggara terutamanya di Indonesia dan Malaysia. Tenaga dalam dianggap suatu tenaga manusia yang mempunyai kekuatan luarbiasa. Tenaga dalam dibedakan dari tenaga luar manusia (yang biasanya disebut secara ringkas sebagai “tenaga” saja) yang berbentuk tenaga fisik seperti kekuatan otot tangan mengangkat barang. Pada dasarnya setiap orang memiliki apa yang disebut dengan tenaga dalam, hanya saja mereka tidak mengetahui bagaiman cara membangkitkan atau mengembangkannya. Tenaga dalam itu itu sudah ada sejak manusia dilahirkan. Tetapi tenaga itu masih pasif dan sewaktu-waktu akan bangkit bila orang tersebut dalam keadaan panik, tidur berjalan, terhipnotis atau ketakutan yang luar biasa. Contoh : Seseorang yang takut kepada anjing akan memiliki kemampuan yang luar biasa dalam berlari menghindari kejaran anjing yang berlari cepat. Bila terdesak, orang tersebut dapat melompati tembok setinggi 2 m dengan sekali lompat. Rasa takut yang berlebihan tersebut dapat membangkitkan tenaga dalamnya yang sedang ‘tidur’. Secara otomatis tenaga dalam tersebut bangkit dan tersalur pada kedua kakinya yang sedang dipergunakan untuk berlari, tetapi setelah berhasil menyelamatkan diri kekuatan itu reda dan energi itu ‘tidur’ kembali. Kemudian orang itu baru menyadari bahwa dirinya telah melakukan sesuatu yang luar biasa.

TEPHRAMANCY

Merupakan suatu bentuk ramalan yang menggunakan abu yang dihasilkan dari pembakaran cabang-cabang pohon sebagai mediumnya.

TIROMANCY

Merupakan suatu bentuk ramalan yang menggunakan medium keju atau lubang-lubang yang ada di dalamnya, atau dengan cara mengamati susu ketika susu tersebut mengumpal.

TUHAN

Kata Tuhan merujuk kepada suatu Zat Abadi dan Supernatural, biasanya dikatakan mengawasi dan memerintah Manusia dan alam semesta atau jagat raya. Hal ini bisa juga digunakan untuk merujuk kepada beberapa konsep-konsep yang mirip dengan ini misalkan sebuah bentuk energi atau kesadaran yang merasuki seluruh alam semesta, di mana keberadaan-Nya membuat alam semesta ada; sumber segala yang ada; Kebajikan yang terbaik dan tertinggi dalam semua makhluk hidup; atau apapun yang tak bisa dimengerti atau dijelaskan. “Nama” untuk Tuhan berbeda bagi tiap komunitas, Ia bisa disebut Allah, Sang Hyang, Gusti Agung, Yehowa dll. 
TUMBAL
adalah sesuatu atau seseorang yang diserahkan sebagai korban untuk suatu keinginan tertentu misalnya kaya raya, memperoleh kesaktian dll. Tumbal berkaitan erat dengan dunia mistik sehingga pembuktiannya sangat susah. Tumbal bisa berupa sesaji hewan maupun manusia. Seseorang yang dijadikan tumbal biasanya akan meninggal atau mengalami cacat seumur hidup.
UFO
UFO adalah singkatan dari Unidentified Flying Object, yang artinya benda terbang tak dikenal atau Benda Terbang Aneh. Ilmu yang menyelidiki fenomena tentang UFO dinamakan Ufologi, sementara orang yang melakukan penyelidikan mengenai UFO disebut Ufolog. Makhluk yang membawa UFO disebut sebagai Ufonaut, dan umumnya lebih sering disebut dengan istilah: E.T. atau ALF (Alien Life Form). E.T. adalah singkatan dari Extra Terrestrial, yang artinya berasal dari luar bumi. Karena ada teori yang mengatakan bahwa makhluk UFO bisa saja berasal dari bumi (dari dalam bumi atau dasar laut), maka penggunaan istilah alien lebih sering digunakan daripada E.T. Penggunaan istilah isPiring Terbang pertama kali digunakan oleh pilot Kenneth Arnold yang melihat sembilan obyek terbang aneh dalam suatu formasi di atas gunung Rainier, pegunungan Cascade, Washington. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 24 Juni 1947. Sejak itu, masalah UFO banyak dibicarakan orang.
WAHYU SEJATI PAMUNGKAS
Adalah Lembaga Ikatan Persaudaraan Beladiri Inti Tenaga Dalam dan Seni Hipnotisme Putih yang sering dikenal WS PAMUNGKAS INDONESIA
WALIKUKUN
adalah pohon hutan tipe musiman anggota suku Tiliaceae yang tumbuh di Jawa dan pulau-pulau di sebelah timurnya. Pohon ini disebut-sebut dalam primbon Jawa berkhasiat melindungi rumah dari gangguan makhluk halus dengan cara ditanam di empat sudut pekarangan.
WARANGKA
Atau sarung keris kebanyakan terbuat dari kayu yang berserat dan bertekstur indah. Namun di beberapa daerah ada juga warangka keris yang dibuat dari gading, tanduk kerbau, dan bahkan dari fosil binatang purba. Warangka keris selalu dibuat indah dan sering kali juga mewah. Itulah sebabnya, warangka juga dapat digunakan untuk memperlihatkan status sosial ekonomi pemiliknya. Bentuk warangka keris berbeda antara satu daerah dengan lainnya. Bahkan pada satu daerah seringkali terdapat beberapa macam bentuk warangka. Perbedaan bentuk warangka ini membuat orang mudah membedakan, sekaligus mengenali keris-keris yang berasal dari Bali, Palembang, Riau, Madura, Jawa, Bugis, Bima, atau Malaysia. 
WUKU
Wuku adalah nama sebuah siklus waktu yang berlangsung selama 30 pekan. Satu pekan atau minggu terdiri dari tujuh hari sehingga satu siklus wuku terdiri dari 210 hari. Perhitungan wuku (bahasa Jawa: pawukon) terutama digunakan di Bali dan Jawa. Ide dasar perhitungan menurut wuku ini adalah bertemunya dua hari dalam sistem pancawara(pasaran) dan saptawara (pekan) menjadi satu. Sistem pancawara atau pasaran terdiri dari lima hari, sedangkan sistem saptawara terdiri dari tujuh hari. Dalam satu wuku, pertemuan antara hari pasaran dan hari pekan sudah pasti. Misalkan hari Sabtu-Pon terjadi dalam wuku Wugu. Menurut kepercayaan tradisional orang Bali dan Jawa, semua hari-hari ini memiliki makna khusus.

WUNGON

Puasa ini adalah puasa pamungkas, tidak boleh makan, minum dan tidur selama 24 jam.

XYLOMANCY

Merupakan suatu bentuk ramalan yang menafsirkan bentuk batang atau ranting pohon baik ketika batang atau ranting tersebut dipungut atau ketika dalam kondisi terbakar.

ZIARAH

adalah salah satu praktik sebagian besar umat beragama yang memiliki makna moral yang penting. Kadang-kadang ziarah dilakukan ke suatu tempat yang suci dan penting bagi keyakinan dan iman yang bersangkutan. Tujuannya adalah untuk mengingat kembali, meneguhkan iman atau menyucikan diri. Orang yang melakukan perjalanan ini disebut peziarah.
Masih banyak Kata yang belum kami tulis, segala saran dan kritik untuk melengkapi sangat kami harapkan.
%d blogger menyukai ini: